Performa Gerak Teknik Lompat Jangkit Pada Mahasiswa Penjaskesrek Semester 4 Universitas Islam Riau

https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1570

Authors

Keywords:

Performa, Teknik, Lompat Jangkit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja gerak teknik lompat jangkit mahasiswa penjaskesrek semester 4 UIR. Selain itu dimaksudkan untuk mengetahui kesalahan gerak teknik lompat jangkit yang sering terjadi. Metode penelitian menggunakan metode survey, polulasi yang digunakan adalah mahasiswa penjaskesrek semester 4 UIR sebanyak 10 orang yang menjadi sampel.  Desain  penelitian  yang  digunakan  deskriptif  dengan  satu  variable,  yaitu:lompat jangkit, instrumen yang digunakan adalah test lompat jangkit. untuk menganalisa   data   yang   sudah   terkumpul,   peneliti   menganalisa   menggunakan perangkat lunak video maker untuk menganalisa gerak teknik lompat jangkit. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja gerak tehnik lompat jangkit pada tahap  gerak  awalan  sudah  baik  dan  efektif  dikarenakan  lutut  diangkat  tinggi, dorongan kaki belakang baik hingga terjadi pelurusan dan posisi badan tetap tegak, pada tahap hop yang sebagian besar masih kurang efektif dikarenakan dari pada saat menumpu posisi badan berada dibelakang kaki tumpu, pada tahap step sebagian besar masih efektif dikarenakan dorongan kaki tumpu sebagian besar masih lurus sehingga sangat efektif dan posisi badan saat menumpu berada lurus dengan kaki tumpu, pada tahap jump hasil dari sebagian besar masih kurang efektif dikarenakan penurunan kaki terlalu cepat sehingga akan mengakibatkan cepat mendarat sehingga kurang efektif. Hasil analisa dari ke-10 mahasiswa penjaskesrek semester 4 UIR menunjukan bahwa masih kurang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-06-29

How to Cite

Makorohim, M. F. (2018). Performa Gerak Teknik Lompat Jangkit Pada Mahasiswa Penjaskesrek Semester 4 Universitas Islam Riau. Journal Sport Area, 3(1), 36–41. https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1570

Issue

Section

RESEARCH ARTICLES
Received 2018-05-06
Accepted 2018-06-29
Published 2018-06-29